LPK Lahirkan 59 Pemimpin Untuk Pramuka




Sedikitnya 59 orang pemuda yang tergabung dalam Dewan Kerja se Indonesia, terlahir sebagai seorang pemimpin untuk Kepramukaan. Pemimpin itu sendiri terlahir dari kegiatan mulia yakni Latihan Pengembangan Kepemimpinan (LPK) 2011, bagi Pramuka Penegak dan Pandega Indonesia yang digelar di aula Cut Nyak Dien, Graha Wisata Pramuka, Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta yang berlangsung selama kurang lebih seminggu lamanya yakni dari 11 hingga 17 Desember 2011. Kegiatan itu sendiri dibuka langsung oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Azrul Azwar.

Dalam kesempatan tersebut Kak Azrul Azwar menjelaskan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi Gerakan Pramuka. Hal ini dikarenakan dari kegiatan inilah maka akan terlahir pemimpin-pemimpin baru yang nantinya dapat mengembangkan Gerakan Pramuka ke arah yang lebih baik lagi. Tak hanya itu saja, para kader atau pemuda ini bukan hanya akan menjadi pemimpin di Gerakan Pramuka melainkan dapat turut menjadi pemimpin di organisasi lain. Selain itu, dengan adanya pemimpin-pemimpin baru atau kader pemimpin ini maka kedepan akan terwujud sebuah inovasi yang nantinya dapat merubah Gerakan Pramuka serta pandangan masyarakat luas tentang Pramuka yang hanya pintar bertepuk tangan dan bernyanyi.

“Inilah yang kami harapkan agar para peserta LPK ini kiranya dapat menjadi pemimpin-pemimpin masa depan yang dapat memajukan Gerakan Pramuka serta dapat menjadi pemimpin di tengah-tengah masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DKN, Kak Muchlis yang didampingi Ketua Sangga Kerja, Kak Mohammad Fuad Albaar mengemukakan, Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan yang sasaran utama pembinaannya adalah kaum  muda memiliki peran strategis untuk mencetak kader pemimpin bangsa yang berkarakter sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Dharma.

Oleh karena itu, tujuan dari pelaksanaan LPK Nasional 2011 ini tidak lain adalah untuk mempersiapkan kader pemimpin dan pimpinan dalam Gerakan Pramuka dalam menjawab krisis kepemimipinan di era globaslisasi.

“LPK Nasional 2011 ini mempunyai tema ‘Guiding Scout to Lead the low dose cialis Nation’   atau ‘Memandu Pramuka untuk Memimpin Bangsa’ dalam pengertian Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega siap untuk menempa diri dalam Gerakan Pramuka untuk menjadi pemimpin masa depan bangsa yang berkarakter. Kegiatan ini pula diikuti oleh 42 putra dan 17 putri. Kami pun sangat berharap agar anggota Dewan Kerja atau Pramuka Penegak dan Pandega ini dapat memimpin Gerakan Pramuka dan bangsa ini ke arah yang lebih baik lagi,” harapnya. (Zulkifli Tampolo/ Gorontalo)